Bismillahirrahmanirrahim..


فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

Berlomba-lombalah dalam kebaikan” 

QS. Al Baqarah: 148

Potongan ayat di atas sudah tidak asing kita dengar, karena seringnya ayat tersebut dikumandangkan sebagai motivasi agar kita senantiasa semangat untuk melakukan kebaikan. Memang dalam masalah akhirat sudah sepatutnya seseorang berlomba untuk menjadi yang terdepan. Baik itu dalam hal bermuamalah dengan Allah ataupun bermuamalah dengan sesama manusia.

Alangkah baiknya jika kita juga memotivasi anak-anak kita untuk berlomba dalam kebaikan sedari dini. Salah satu langkah yang pihak sekolah tempuh untuk menumbuhkan semangat berlomba dalam kebaikan adalah dengan diadakannya apresiasi untuk siswa-siswi SDI Imam Syafi’i Jember yang insyaAllah rutin kami laksanakan setiap dua pekan sekali.

Pak Jusron, selaku kepala sekolah SDI Imam Syafi’i dalam sebuah kesempatan wawancara mengungkapkan tujuan diadakannya apresiasi untuk para siswa, “Apresiasi adalah untuk memotivasi peserta didik untuk semangat dalam beramal baik. Harapannya adalah agar peserta didik saling berlomba untuk beramal baik dan dapat melakukan kebaikan yang kriterianya telah ditentukan. Peserta didik yang paling baik akan mendapatkan apresiasi berupa hadiah, piagam, dan akan dipublikasikan.”

Beliau melanjutkan, “Program pemberian apresiasi ini diharapkan juga bisa mendongkrak peserta didik yang memiliki kekurangan namun memiliki kelebihan. Misalkan, si Shalih adalah anak yang sangat pemalu, hampir tiap pelajaran ia tidak aktif dalam belajar, namun ia adalah anak yang dermawan, suka berbagi jajan miliknya. Nah, wali kelas yang mengetahui hal itu menjadikan tema apresiasi 2 pekan depan adalah anak yang suka berbagi kue dengan teman. Ketika pemberian apresiasi, si Shalih terpilih sebagai anak yang suka berbagi kue di kelasnya. Apresiasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan semangat dan PD atau percaya diri si Shalih ketika belajar di sekolah.”

Ngalim Purwanto berpendapat jika hadiah atau reward merupakan alat pendidikan represif yang menyenangkan dan bisa diberikan pada anak yang mempunyai prestasi tertentu dalam hal ini adalah prestasi kebaikan, bukan hanya prestasi akademik, menunjukkan kemajuan dan juga tingkah laku yang baik sehingga bisa dijadikan contoh oleh teman temannya. Hadiah atau reward merupakan alat untuk mendidik anak anak supaya mereka bisa merasa senang karena perbuatan atau pekerjaan yang sudah dilakukan tersebut mendapatkan penghargaan.

Pemberian apresiasi ini sudah dilakukan sejak pekan pertama bulan September. Ketika ditanya kesan kepala sekolah tentang program ini, beliau menjawab, “Alhamdulillah, selama 2 kali program apresiasi ini berjalan terdapat peningkatan semangat peserta didik dalam beramal baik. Semoga program ini istiqamah dijalankan dan mendapat dukungan penuh dari semua elemen sekolah.”

Maksud pendidik memberikan hadiah tersebut adalah agar anak bisa semakin giat untuk berlomba dalam kebaikan atau meningkatkan prestasi yang sudah didapatkan. Untuk itu maksud hadiah yang terpenting bukanlah hasil yang diperoleh anak, namun hasil yang sudah didapatkan anak tersebut dimana pendidik ingin membentuk kata hati dan kemauan yang lebih baik dan juga lebih keras pada anak tersebut. Utamanya untuk mengejar kebaikan dan amal sholeh. Kami segenap pendidik SDI Imam Syafi’i berharap kegiatan apresiasi ini mendapat dukungan dari seluruh pihak baik dari sekolah maupun wali murid. Agar kebaikan yang sudah terapresiasi tidak berhenti begitu saja, namun juga dapat terus diamalkan baik di sekolah ataupun di rumah. 

Aamiin..

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.