Bismillahirrahmanirrahim..

Akreditasi sekolah adalah proses penilaian sekolah yang dilakukan oleh pemerintah dengan indikator tertentu berbasis fakta. Akreditasi dilakukan oleh pengawas dari Kabupaten lain, atau biasa disebut dengan asesor. Asesor melakukan pengamatan dan penilaian untuk nilai akreditasi sesuai kenyataan tanpa ada manipulasi.

Sedangkan tujuan dari akreditasi sekolah adalah untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah melaksanakan ujian nasional secara mandiri.

Alhamdulillah hari Sabtu, 1 September yang lalu, SDI Imam Syafi’I Jember telah dikunjungi dua orang asesor dari pengawas SD Kabupaten Bondowoso. Maksud dari kunjungan dua asesor tersebut adalah untuk menilai dan mengamati kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dalam rangka akreditasi. Kedua asesor datang sekitar jam 7.30 dan melakukan pengamatan terkait kegiatan belajar mengajar di SDI Imam Syafi’i. Keduanya berkeliling melihat beberapa kelas ditemani oleh Bapak Kepala Sekolah dan guru-guru.

Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah sekitar pukul 13.00. Setelah melakukan sesi dokumentasi, kedua asesor dari Bondowoso tersebut pamit undur diri.

InsyaAllah para guru, staff, dan karyawan telah mempersiapkan kebutuhan untuk akreditasi dengan sebaik-baiknya.  Persiapan terbaik sudah dilakukan, baik dari segi materi, dokumen, maupun penampilan dari sekolah yang telah dipercantik dengan penghijauan dan beberapa kalimat semangat yang dapat ditemukan di beberapa sudut sekolah.

Jazakumullahu khairan kami ucapkan kepada pihak yayasan, guru, staff, wali murid, dan seluruh siswa SDI Imam Syafi’I Jember yang telah mendoakan dan mendukung kegiatan akreditasi ini. Apapun hasil dari penilaian akreditasi, semoga menjadi semangat untuk terus meningkatkan dan mempertahankan segala prestasi yang sudah diraih. Aamiin..